Friday, August 14, 2020

TAP KASUS 15

 

NAMA KELOMPOK

PENY NOVITASARI          857663227

SITI NUR FAIDAH             857663961

SUGIYARTO                       857663567

KASUS 15

 

 Ketika duduk di kelas 5, pelajaran IPA merupakan pelajaran yang paling dibenci oleh Dony karena dia harus menghapal berbagai hal setiap menjelang ulangan. Namun, setelah duduk di kelas 6 dan diajar oleh Pak Badri, ia mulai menyukai IPA. Pak Badri selalu mengajak anak untuk mengamati apa yang sedang dipelajari, bahkan anak-anak dibimbing untuk melakukan percobaan sederhana. Observasi atau percobaan kadang-kadang dilakukan secara individual dan kadang-kadang oleh kelompok. Dony merasa tanpa harus menghapal ia selalu jngat apa yang diamati atau hasil percobaan yang dilakukannya karena setiap akhir kegiatan kelompok atau individual anak-anak diminta membuat laporan singkat untuk dibahas dalam kelas. Lebih-lebih lagi setiap akhir pembahasan hasil observasi atau percobaan Pak Badri selalu meminta anak-anak mengaitkan hal-hal yang sedang dibahas dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, setelah melakukan percobaan untuk menemukan titik didih air, anak-anak diminta memikirkan cara memasak air yang paling tepat agar cepat mendidih. Prestasi belajar Donypun meningkat, ia sering dipuji oleh Pak Badri karena menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan benar.

Namun dalam pelajaran lain, yaitu Bahasa Indonesia yang diajar oleh Ibu Rini (kebetulan SD tersebut menerapkan system guru bidang studi khusus untuk kelas 6), Dony kembali merasa bosan, ia sering mearasa mengantuk, lebih-lebih ketika anak-anak diminta membaca bersuara secara bergilir, menjawab pertanyaan yang ada di buku paket secara bergilir pula. Dony kadang-kadang bosan menunggu giirannya. Setelah mendapat giliran menjawab pertanyaan, Dony tidak peduli lagi dengan wacana yang sedang dibaca atau pertanyaan dalam buku teks tersebut. Ia yakin tideak akan mendapat giliran lagi. Supaya tidak dimarahi guru dan tidak mengantuk, Dony yang memang gemar membaca, mengeluarkan komik yang dibawanya dan menyelipkannya di dalam buku Bahasa Indonesia. Ia membaca komik tersebut dalam hati. Bu Rini yang duduk di depat tidak pernah tahu kalau Dony tidak menyimak pelajaran.

 

 

Pertanyaan:

1.    Identifikasi tiga hal yang membuat Dony menyukai IPA dan berikan alasan masing-masing mengapa ketiga hal tersebut dianggap merupakan faktor yang membuat Dony menyukai IPA.

2.    Jika Anda menjadi Ibu Rini, cobalah rancang kegaitan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mampu membuat anak-anak yang gemar membaca seperti Dony mengembangkan potensinya secara optimal. Tuliskan dua keunggulan rancangan tersebut, dilihat dari hakikat pelajaran Bahasa Indonesia di SD dan pendekatan belajar aktif.

 

ANALISIS KASUS 15

1.     3 faktor yang menyebabkan Dony menyukai IPA

a.       Cara mengajar pak Badri yang bervariasi : Pak Badri dalam menyampaikan materi tidak hanya dengan satu metode saja. Pak Badri menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa, misalnya metode observasi dan percobaan.

b.      Pembelajaran yang dilakukan membuat siswa lebih berperan aktif terutama bagi Dony. Dengan melakukan percobaan sederhana tentang materi pembelajaran Dony dapat menemukan hal-hal baru yang belum diketahuinya. Hal tersebut akan lebih berkesan dan mudah diingat oleh Dony daripada dia harus menghafal.

c.       Pak Badri dalam membahas materi selalu dikaitkan dengan kehidupan yang ada di lingkungan sekitar hal tersebut membuat siswa terutama Dony sangat tertarik sehingga tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran.

 

2.        Rancangan Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mampu membuat anak atau siswa gemar membaca, jika saya menjadi bu Rini,

Kegiatan awal:

a.         Guru mengawali pembelajaran dengan salam

b.        Guru mengecek kehadiran siswa

c.         Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa

d.        Guru memberikan motivasi kepada siswa

e.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

 

 

Kegiatan inti:

a.       Guru mengajak siswa ke perpustakaan dan menyuruh siswa untuk memilih buku bacaan atau cerita yang mereka sukai. Hal tersebut akan membuat mereka lebih tertarik dan aktif.

b.      Setelah kegitan membaca selesai, Guru membentuk beberapa kelompok kecil. Dalam kelompok kecil tersebut, Guru meminta siswa secara bergilir untuk menceritakan kembali bacaan yang telah mereka baca.

c.       Guru memantau kegiatan siswa

Kegiatan akhir:

a.         Guru melakukan refleksi, dengan melakukan tanya jawab singkat tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.

b.        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

c.         Guru menutup pembelajaran dengan salam.

 

Keunggulan rancangan pembelajaran tersebut adalah :

1)      Kegiatan pembelajaran lebih menarik, karena siswa tidak hanya belajar didalam kelas saja.

2)      Siswa dapat berperan lebih aktif, karena mereka dapat menentukan sendiri buku apa yang akan mereka baca. Mereka juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dengan menceritakn kembali di depan teman-temanya.

No comments:

Post a Comment

TAP KASUS 10

MATA KULIAH TUGAS AKHIR PROGRAM PGSD-UT SEMETER III BI                             ...