Friday, August 14, 2020

TAP KASUS 10

MATA KULIAH

TUGAS AKHIR PROGRAM

PGSD-UT SEMETER III BI

 

 

 

 



Kumpulan Logo Universitas di Indonesia: Logo UT ( Universitas ...
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Anggota :

 

 

 

1.        FEHMIE FARDHIANI        ( 857663954 )

2.        MUHIMMATUL ULYA      ( 857663922 )

3.        MUSTAQIM                          ( 857663456 )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

POKJAR JEPARA KOTA

KABUPATEN JEPARA

TAHUN 2020.1

 

KASUS 10

 

Bel masuk berbunyi, Pak Karta guru kelas VI SD Karang Asem masuk ke ruang kelas dan para siswa menyambutnya: ”Selamat pagi Pak”. “Selamat pagi anak-anak, apa kabar ?”  “Baik Pak” jawab para siswa.  “Seperti biasa, siapkan dulu kelasnya kemudian berdoa.”

Pak Karta memulai pembelajaran dengan mengatakan “Kita akan menyusun sebuah laporan pengamatan. Anak-anak, laporan yang akan kalian susun ini adalah laporan hasil pengamatan. Jadi sebelum menyusun laporan kalian harus melakukan suatu pengamatan terhadap suatu obyek”  “Apa itu Pak?” tanya seorang siswa.  “Nanti Bapak jelaskan. Kalian sudah punya kelompok belajar kan?”  “Sudah Pak!” jawab siswa serempak. “Ada berapa kelompok?”  “Enam, Pak”  “Bagus! Satu kelompok enam orang. Ada dua kelompok yang beranggotakan tujuh orang. Iya kan?” “Iya pak!”  “Secara berkelompok kalian melakukan pengamatan di luar kelas…(Pak Karta belum sempat melanjutkan penjelasannya beberapa siswa laki-laki sudah merespon)”  “Asyiiik”  “Nanti dulu, ini belajar, tidak boleh ada yang main.”  “Iya Pak, enak belajar di luar, di kelas melulu Be Te (jenuh/bosan)”    “Baik, Bapak lanjutkan. Bapak beri waktu 10 menit untuk melakukan pengamatan. Kelompok I mengamati ikan-ikan di kolam, taman sekolah…” (Beberapa siswa dari kelompok I memotong penjelasan Pak Karta” “Diamati terus diapain Pak, diliatin aja?”  “Dengarkan dahulu (tegas Pak Karta).”  “Iya nih, sabar dong kelompok dua mengamati tumbuh-tumbuhannya dengan binatang-binatang kecil atau serangga jika ada. Kelompok tiga mengamati adik-adik kelas kalilan yang sekarang sedang berolahraga di lapangan sekolah. Kelompok empat mengamati Bapak Gurunya, Pak Dirman guru olah raga. Kelompok lima mengamati keadaan lalu lintas di depan sekolah, dengan syara tidak boleh ada yang ke luar halaman sekolah. Kelompok enam, mengamati keadaan kantin sekolah, tapi tidak jajan. Kalau mau jajan nanti waktu istirahat.”

“Lalu apa yang harus kami lakukan Pak?” “Perhatikan ke sini” Pak Karta menjelaskan cara kerja yang akan dilakukan oleh setiap kelompok, pembagian tugas setiap anggota kelompok dan cara menyusun laporan dengan format sebagai berikut: Halaman depan (halaman 1)  berisi identitas kelompok. ; Halaman dua berisi a. Pendahuluan; b. Isi Laporan dan c. Kesimpulan.  “Nak, anak-anak, sudah jelas ?” “Sudah Pak” “Bapak ingatkan sekarang pukul 07.20, pukul 07.30 kalian kembali ke kelas langsung menyusun laporan. Pukul 08.15 dikumpulkan. Sekarang silahkan kalian keluar kelas dan amati benda atau peristiwa yang menjadi obyek kalian. Jangan lupa membawa alat tulis yang kalian perlukan.

Selama para siswa melakukan pengamatan, Pak Kara juga memperhatikan kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Pak Karta mencatat siswa yang aktif dan yang pasif. Setelah 10 menit berlalu, para siswa meyusun laporan secara kelompok, namun ada beberapa siswa yang masih berada di luar kelas dan dua orang jajan di kantin. Pak Karta langsung mengingatkan. Dua orang yang ke kantin membeli minuman, setelah minum mereka segera masuk kelas. Selama 45 menit para siswa menyusun laporan secara kelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun bahan laporan. Selain mereka berdiskusi di dalam kelompoknya terjadi tanya jawab antara siswa dan guru. Ada kelompok yang menanyakan apa saja isi bagian pendahuluan, bagaimana menyajikan isi laporan dan kesimpulan. Seperti saat siswa melakukan pengamatan, ketika diskusi kelompok berlangsung Pak Karta tidak lupa memegang buku nilai untuk mencatat siswa yang terlibat dan tidak terlibat dalam diskusi. Setelah waktu selesai, Pak Karta meminta para siswa berhenti bekerja. Hasilnya empat kelompok siswa selesai menyusun laporan, dua kelompok tidak dapat menyelesaikan laporannya (belulm sampai pada kesimpulan).

Pak Karta mengevaluasi hasil kerja siswa dengan cara meminta wakil kelompok membacakan laporan pengamatan yang mereka susun. “Anak-anak coba perhatikan. Kelompok I akan membacakan laporannya. Simak baik-baik, kalian boleh memberi komentar terhadap laporan mereka.” “Komentarnya berupa apa, Pak?”  “Bisa dari segi isi atau dari segi bahasa, susunan kalimatnya. Sudah siap?” “Siap Pak” “Baik, jangan ada yang rebut” Setelah kelompok I membacakan laporannya. “Nah itu tadi laporan pengamatan kelompok I, ada yang ingin memberi komentar ?” Firman: “Menurut saya sudah bagus Pak, tetapi bagian kesimpulannya apa hanya seperti itu Pak ?”   “Bagus, daya simak Firman baus sekali, ada yang lain ?” Dalam kegiatan itu terjadi tanya jawab dan diskusi kelas tentang beberapa hal yang belum dipahami oleh para siswa. Setelah Pak Karta menyampaikan hal-hal berikut: “Nak, anak-anak, kalian telah mendapat pengalaman belajar bagaimana menyusun sebuah  laporan pengamatan, serta telah dapat saling mengomentari, itu artinya kalian juga sudah dapat menilai sebuah laporan. Pekerjaan kalian suah bagus, tetapi tetap harus ditingkatkan.” Siswa bertepuk tangan menerima pujian Pak Karta. “Bagaimana kesan kalian terhadap pengalaman belajar hari ini ?” lanjut Pak Karta.  “Menyenangkan Pak, besok bisa dilanjutkan kan Pak?”

“Tugas kelompok kami bagaimana Pak?” tanya siswa dari kelompok yang belum sempat diberi masukan. “Bagi kelompok yang laporannya belum sempat didiskusikan hari ini, akan Bapak berikan komentar dalam laporan kalian. Nah anak-anak waktu untuk pelajaran Bahasa Indonesia telah selesai. Kita lanjutkan dengan pelajaran Matematika.” Demikian Pak Karta menutup pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

Pertanyaan:

1.        Kompetensi apakah yang diperoleh para siswa melalui pembelajaran di atas ? Jelaskan.

2.        Identifikasi kelebihan Pak Karta dalam pembelajaran tahap awal, inti dan akhir. Jelaskan.

3.        Susun langkah-langkah pembelajaran (apersepsi, awal, inti dan penutup) untuk menulis laporan kejadian berkesan selama liburan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawab :

1.        Kompetensi yang diperoleh siswa melalui pembelajaran di atas adalah :

a.        Mengamati

Dalam kegiatan inti, siswa diminta untuk membuat laporan hasil pengamatan. Dengan demikian mereka menggunakan kompetensi mengamati dalam proses pengamatan untuk dapat menghasilkan sebuah laporan.

b.        Menulis

Setelah selesai melakukan pengamatan, siswa diminta untuk membuat laporan pengamatan. Mereka harus mempunyai sebuah kompetensi menulis untuk menyusun sebuah laporan pengamatan.

c.         Membaca

Siswa diminta untuk melaporkan hasil laporan dengan cara membaca laporan di depan kelas. Dengan demikian, maka kompetensi yang muncul adalah kompetensi membaca

d.        Menyimak

Setelah ada yg mempresentasikan hasil laporan di depan kelas, siswa diminta untuk berkomentar. Dengan demikian, siswa harus mempunyai kompetensi menyimak untuk dapat mengomentari hasil laporan pengamatan temannya.

 

2.        Kelebihan Pak Karta dalam pembelajaran

a.       Pada Kegitaan Awal : Menyampaikan kegiatan pembelajaran.

Pada kegiatan awal pembelajaran, pak Karta menjelaskan kepada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan demikian, siswa mendapat gambaran yang jelas tentang kegiatan belajarnya sehingga pembelajaran berjalan terarah dan sistematis.

 

b.      Pada Kegitaan Inti : Sebelum meminta siswanya untuk melakukan penelitian, pak Karta menjelaskan apa yang harus diamati dan dilakukan siswanya selama dan setelah melakukan penelitian sehingga siswa tidak bingung dalam mengejarkan tugasnya. Selain itu, pak Karta selalu memonitoring setiap apa yang dilakukan muridnya selama kegiatan berlangsung. Dengan begitu, Pak Karta dapat memberikan nilai secara adil (obyektif) sesuai dengan kinerja masing-masing siswanya.

 

c.       Pada Kegitaan Akhir : Dalam mengevaluasi hasil laporan penelitian, pak Karta meminta siswanya untuk mempresentasikan ke depan kelas dan saling mengomentari hasil dari penyusunan laporan. Hal itu secara tidak langsung dapat melatih siswa untuk berani berpendapat, selain itu kegiatan tersebut juga dapat membuat kelas menjadi aktif.

3.        Langkah – langkah pembelajaran untuk menulis laporan kejadian berkesan selama liburan.

Kegiatan awal :

a.         Guru mengawali pembelajaran dengan salam

b.        Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan liburan. Misalnya :

Azka,  kemarin liburan kemana?

Kalian pergi liburan naik apa?

c.         Guru memotivasi siswa untuk mengarahkan pada materi pembelajaran, dengan bercerita bahwa ketika liburan tanpa sengaja kita sudah melakukan pengamatan.

d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

Kegiatan inti :

a.         Guru membagi sebuah teks yang berisi cerita tentang pengalaman berkesan seseorang tentang sebuah liburan.

b.        Guru meminta siswa membaca teks yang telah diberikan.

c.         Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca siswa.

d.        Dengan menggunakan teks tadi, guru menjelaskan cara menyusun laporan tetang kejadian berkesan selama liburan.

e.         Siswa memperhatikan penjelasan guru.

f.         Guru meminta siswa membuat laporan kejadian berkesan selama liburan secara individu sesuai dengan pengalaman masing-masing pengalaman siswa.

g.        Siswa membuat laporan

h.        Setelah semua selesai, guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasil laporannya di depan kelas.

i.          Beberapa siswa membaca hasil laporan nya di depan kelas.

j.          Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil laporan yang telah dibacakan di depan kelas.

k.        Guru bersama siswa menangggapi dan membahas hasil kerja siswa.

l.          Guru meminta semua siswa untuk mengumpulkan hasil laporan yang telah dibuat.

 

Kegiatan akhir :

a.         Guru melakukan refleksi, dengan melakukan tanya jawab singkat tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.

b.        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

c.         Guru menutup pembelajaran dengan salam.

 

 

No comments:

Post a Comment

TAP KASUS 10

MATA KULIAH TUGAS AKHIR PROGRAM PGSD-UT SEMETER III BI                             ...